Informasi Seputar Desa Mlagen

Friday, October 23, 2009

WASPADAI AWAN HITAM DAN PEKAT

Rumah milik Suradi di desa Grawan kecamatan Sumber roboh akibat hantaman angin puting beliung baru baru ini.

Sumber – Pemerintah Kabupaten Rembang menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai ancaman bencana angin puting beliung atau angin lisus pada masa pancaroba yang merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

Munculnya gejala alam seperti awan gelap dan pekat menjadi salah satu tanda akan datang angin lisus. Pada saat seperti itu warga dihimbau keluar dari rumah dan jangan berlindung dibawah pohon, karena akan sangat berbahaya apabila pohon tumbang. Disamping itu jika muncul awan gelap, nelayan tradisional pengguna perahu juga diminta untuk cepat ke pinggir guna mengantisipasi kecelakaan laut yang diakibatkan oleh hembusan angin kencang. Angin puting beliung ini mempunyai sifat datangnya mendadak, berputar putar dan jarak dasar awan ke permukaan tanah cukup pendek, yakni sekitar 500 meter.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Rembang Suyono menyatakan angin lisus memang rawan terjadi pada saat peralihan musim. Serangkaian peristiwa angin lisus yang pernah terjadi hendaknya membuat warga lebih berhati hati, sehingga kalaupun muncul angin lisus upaya pertama yang harus dilakukan adalah penyelamatan jiwa manusia terlebih dahulu.

Sementara itu pada masa pancaroba di kabupaten Rembang tahun ini tercatat sekali ada kejadian angin lisus yakni di desa Grawan kecamatan Sumber.

Sebuah rumah berukuran 10 x 15 meter milik Suradi, warga RT 10 RW 02 desa Grawan rata dengan tanah, setelah dihantam angin kencang pada hari Minggu lalu. Kerugian pemilik rumah ditaksir mencapai Rp 16 juta. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Suradi bersama keluarga kini terpaksa harus mengungsi ke rumah salah satu saudaranya.

Kejadian angin lisus ini sudah dilaporkan kepada Pemkab Rembang. Rencananya tim gabungan dari Kantor Kesatuan Bangsa Politik Dan Perlindungan Masyarakat beserta Bagian Kemasyarakatan akan meninjau ke lokasi bencana, untuk menentukan besarnya bantuan.


sumber : http://r2b.myadgame.com/

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive