Informasi Seputar Desa Mlagen

Sunday, October 18, 2009

JIKA KEPERGOK, 1 KLOTER BISA DISURUH BALIK

Petugas kesehatan memberikan vaksin meningitis kepada salah seorang jemaah calon haji, hari Sabtu.

Rembang – Sekitar 100 orang jemaah calon haji dari kecamatan Sale, Sumber, Kaliori, Sulang dan kecamatan Bulu hari Sabtu menjalani proses pemeriksaan kesehatan, sekaligus mendapatkan vaksin meningitis. Proses kegiatan ini berlangsung di sebelah selatan rumah sakit dr R Sutrasno Rembang, yang nantinya dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 23 Oktober mendatang.

Vaksin meningitis ini sempat hangat dibicarakan, karena ada sejumlah kalangan yang menganggap haram setelah diduga mengandung lemak babi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh Departemen Agama Kabupaten Rembang Mahmudi menyatakan vaksin meningitis hukumnya wajib bagi jemaah calon haji yang akan berangkat di tanah suci, karena sudah menjadi ketetapan baku oleh pemerintah Arab Saudi.

Bahkan Menteri Agama pernah melontarkan pernyataan bagi jemaah yang tidak mau diberi vaksin meningitis, lebih baik membatalkan untuk berangkat haji.

Kasi Penyelenggara Haji Dan Umroh Mahmudi menambahkan jemaah calon haji asal kabupaten Rembang akan diberangkatkan pada tanggal 16 November 2009. Saat sampai di Bandara King Abdul Aziz di Jeddah Mekkah, biasanya jemaah calon haji akan diperiksa kesehatannya lagi. 1 jemaah saja jika kepergok belum divaksin meningitis, maka seluruh jemaah yang tergabung dalam 1 kelompok terbang akan diperintahkan untuk kembali lagi ke tanah air.

Hal itu menunjukkan betapa pentingnya vaksin meningitis bagi para jemaah calon haji.

Dimintai tanggapannya seputar vaksin meningitis, sejumlah jemaah calon haji tampak santai dan mendukung langkah dari pemerintah.

Maskhan jemaah asal desa Gading kecamatan Sale mengaku mantap mendapatkan vaksin, meski sempat menjadi pro kontra mengandung lemak babi. Baginya jika pemerintah sudah mengesahkan, berarti jemaah calon haji hanya mengikuti saja.

Pemberian vaksin meningitis di sebelah selatan rumah sakit dr R Sutrasno Rembang ini memang dilakukan secara bertahap, mengingat kemampuan para petugas kesehatan.

Dari total jemaah haji asal kabupaten Rembang sebanyak 789 orang, dibagi selama waktu 1 minggu. Pemeriksaan kali ini merupakan pemeriksaan terakhir sebelum pemberangkatan.


sumber : http://r2b.myadgame.com/

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive