Informasi Seputar Desa Mlagen

Wednesday, October 21, 2009

Pegunungan Lasem menjadi Pusat Study Pengelolaan Hutan Lindung

Lasem-Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KKPH) kebonharjo Ir Susilo Budi Wacono menyebutkan, dalam kurun waktu 3 tahun saat dilakukan penghijauan, kondisi lahan kosong dan lahan tidur dikawasan pegunungan Lasem seluruhnya sudah ditanami pohon.

Saat ini keanekaragaman flora dan fauna mendapat perlindungan serius dari jajaran KPH Kebonharjo, Sesuai dengan fungsi kawasan tersebut sebagai hutan lindung.

Menurut susilo Budi Wacono, Meski baru 5 bulan menempati pos KKPH Kebonharjo, pihaknya memiliki obsesi agar ke-depan nanti kawasan pegunungan Lasem menjadi pusat study pengelolaan hutan lindung di Indonesia. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, pengelolaan hutan harus bersifat dinamis, tidak hanya menjaga tetapi juga memanfaatkan sesuai dengan aturan yang berlaku guna meningkatkan daya dukung kawasan tersebut. Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh stakeholder untuk menyatukan persepsi dalam menerapkan kebijakan pengelolaan yang akan dilakukan KPH Kebonharjo.

Beberapa Aspek kebijakan pengelolaan dan action plan yang dicanangkan yakni, merawat kelestarian hutan lindung secara bersama, menjaga keamanan hutan secara bersama, meningkatkan potensi kawasan sesuai kebutuhan, selalu berkoordinasi baik secara lisan atau tertulis dan berdiskusi mencari solusi terbaik terkait perencanaan kawasan pegunungan Lasem sebagai pusat study pengelolaan hutan lindung.

sumber :http://rembangkab.go.id

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive