Informasi Seputar Desa Mlagen

Saturday, November 7, 2009

MALL RAMAYANA AKAN BERDIRI DI REMBANG

Di sisi timur halaman obyek wisata Dampo Awang Beach Taman Kartini Rembang inilah yang akan menjadi lokasi pembangunan Mall Ramayana.

Suwanto Wakil Ketua DPRD Rembang.

Rembang – Ada kabar gembira bagi anda yang senang shopping atau berbelanja, namun kabar ini sedikit membuat kurang nyaman bagi pedagang pasar tradisional. Mall Ramayana rencananya akan berdiri di obyek wisata Dampo Awang Beach Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang. Tentu saja hal ini cukup mengagetkan dibidang investasi kabupaten Rembang yang masih dikategorikan sebagai kota kecil. Awalnya ada 1 tim beranggotakan 4 orang dari perwakilan Mall Ramayana bertemu dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bappeda Hari Susanto untuk menawarkan rencana pendirian mall. Tawaran ini direspon positif dan selanjutnya tim bertemu langsung dengan Bupati Rembang Mohammad Salim. Dari sinilah Bupati kembali memerintahkan Bappeda untuk membuat desain lokasinya. Awalnya Pemkab Rembang berencana membangun Mall Ramayana di Terminal bus dan membongkar kampus STIE YPPI Rembang. Namun hal itu dibatalkan karena membutuhkan waktu agak lama untuk menyiapkan infrastruktur pengganti. Apalagi investor butuh tanahnya cepat, sehingga akhirnya diputuskan untuk memilih membangun Mall Ramayana di halaman obyek wisata Dampo Awang Beach Taman Kartini Rembang.

Kepala Bappeda Rembang Hari Susanto kepada Reporter R2B menjelaskan dipilihnya obyek wisata Dampo Awang Beach Taman Kartini Rembang sudah melalui berbagai macam pertimbangan, diantaranya yakni lokasinya strategis, sesuai dengan syarat utama permintaan investor, sehingga mudah dijangkau oleh warga dari Pati, Blora atau bahkan dari Jawa Timur. Kemudian tanah tersebut milik Pemkab Rembang sehingga tidak terlalu lama melakukan pembebasan lahan. Hari Susanto memperinci Mall Ramayana membutuhkan tanah seluas 2.500 hingga 3.000 meter persegi, rencananya akan dibangun 3 atau 4 lantai. Bangunan utama akan dipusatkan di sisi timur halaman parkir Taman Kartini yang saat ini masih ditempati sejumlah kios dan warung makan. Meskipun bangunan tetap memakan lokasi wisata, namun dianggap tidak terlalu mengganggu.

Kepala Bappeda Hari Susanto yakin pendirian Mall Ramayana akan memberikan angin segar bagi perkembangan bisnis di Rembang. Lebih dari itu, pengunjung setelah berbelanja bisa menikmati keindahan obyek wisata Taman Kartini. Kombinasi inilah yang nantinya diharapkan memberikan keuntungan bagi daerah. Ditargetkan paling cepat sekitar tiga bulan lagi, pembangunan Mall Ramayana akan dimulai. Pihaknya siap untuk membantu memperlancar proses perizinan hingga selesai.

Lalu bagaimana komentar para wakil rakyat yang duduk di DPRD Rembang seputar rencana pendirian Mall Ramayana di halaman obyek wisata Dampo Awang Beach Taman Kartini ?

Suwanto Wakil Ketua DPRD Rembang mengatakan pihaknya kurang setuju, karena berdirinya Mall Ramayana nantinya akan mematikan para pedagang kecil, terutama penjual pakaian di pasar Rembang.

Apalagi siklus uang juga akan banyak dinikmati oleh orang luar daerah. Hanya saja jika Mall Ramayana tetap akan berdiri, dia menyarankan ada 3 hal yang harus dipatuhi yakni lebih memberdayakan sumber daya manusia SDM lokal sebagai pekerja, pengelola harus bersaing secara sehat sehingga tidak mematikan pedagang kecil dan jangan sampai menumbuhkan bibit bibit kemaksiyatan.

Hal senada diungkapkan oleh Khairul Anwar, anggota DPRD Rembang dari Partai Golkar. Menurutnya, pendirian Mall Ramayana di Rembang saat ini waktunya kurang tepat.

Tapi ada pula sejumlah anggota DPRD Rembang yang mendukung langkah tersebut. Bagaimanapun Rembang harus terus berbenah dengan cara menambah fasilitas publik di dalam kota. Menurut wakil rakyat yang setuju, berdirinya Mall Ramayana akan mendongkrak popularitas obyek wisata Taman Kartini. Tim Liputan R2B dalam beberapa hari ke depan akan melanjutkan laporan masalah ini secara berseri.


sumber : http://r2b.myadgame.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment