Senin, 16 November 2009

PENGANTAR JEMAAH DIMINTA PATUHI HIMBAUAN DEPAG

Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah Al Mukaromah.

Rembang – Para pengantar dihimbau supaya melepas jemaah calon haji dari tempat konsentrasi keberangkatan dan tidak perlu sampai ke Rembang atau bahkan mengantar sampai di asrama haji Donohudan Boyolali.

Selain bisa mengakibatkan kesemrawutan saat pemberangkatan jemaah, kondisi ramainya pengantar dikhawatirkan rawan tindak kejahatan. Seruan dari Departemen Agama Kabupaten Rembang ini terkadang kurang menjadi perhatian, tetapi akan lebih baik jika kebiasaan melepas jemaah calon haji dari konsentrasi pemberangkatan ditingkat kecamatan benar benar dipatuhi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh Departemen Agama kabupaten Rembang Mahmudi menjelaskan ada 9 titik konsentrasi pemberangkatan jemaah calon haji dari kecamatan.

Ada beberapa kecamatan yang digabung, seperti jemaah dari Gunem dan Bulu berangkat sama sama dari Sulang. Kalau proses pelepasan jemaah terpusat di kecamatan, maka saat berada di Rembang jemaah calon haji bisa fokus di dalam bus.

Kasi Penyelenggara Haji Dan Umroh Depag Mahmudi menambahkan jemaah calon haji akan berangkat dari Rembang secara bertahap Senin pagi.

Mereka akan naik bus dari Rembang – Blora – Purwodadi dan menuju ke asrama haji Donohudan Boyolali. Kondisi jalan memang agak buruk, tetapi penentuan jalur diputuskan setelah melalui koordinasi dengan Satlantas Polres Rembang dan Dinas Perhubungan. Mahmudi beralasan apabila lewat jalur Rembang – Pati – Purwodadi, dikhawatirkan banyak bus yang tidak kuat saat melewati tanjakan di Sukolilo Pati.

Sementara itu Penerbangan via pesawat dari Embarkasi Adi Sumarmo Solo ke Mekkah memakan waktu sekitar 11 jam, setelah transit terlebih dahulu ke Abu Dhabi untuk mengisi bahan bakar pesawat.

Lantaran jemaah calon haji asal kabupaten Rembang termasuk gelombang ke II, maka mereka akan datang kali pertama ke Mekkah Al Mukaromah dan baru dilanjutkan ke Madinah Al Munawaroh. Total waktu ibadah haji ini selama 40 hari.


sumber : http://r2b.myadgame.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar