Informasi Seputar Desa Mlagen

Monday, November 16, 2009

HUJAN, PETANI MASIH PIKIR PIKIR

Suwono, petani asal dusun Bagel desa Mondoteko hanya merapikan pematang sawah, setelah beberapa kali turun hujan.

Rembang – Hujan deras sudah beberapa kali turun di kabupaten Rembang, namun sebagian besar petani belum berani menanam padi gogo.

Mereka masih menunggu hujan deras 1 atau 2 kali lagi, sebelum akhirnya memutuskan untuk bercocok tanam.

Suwono, salah satu petani asal dusun Bagel desa Mondoteko Rembang mengatakan dengan adanya tambahan curah hujan, diharapkan kondisi tanah sudah basah pada kedalaman sekitar 25 centi meter, sehingga penanaman padi gogo tidak terancam oleh resiko gagal panen. Dia khawatir apabila saat ini langsung menanam padi gogo, bisa saja cepat mati karena kekeringan.

Pantauan Reporter R2B di areal persawahan tadah hujan di kecamatan Sumber, Kaliori dan kecamatan Sulang memang sudah ada peningkatan aktivitas para petani. Hanya saja mereka baru sebatas merapikan pematang sawah, sekaligus meratakan pupuk kandang untuk tetap menjaga kesuburan tanah.

Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan kabupaten Rembang Sutomo berharap petani bisa lebih pintar membaca situasi cuaca akhir akhir ini. Jangan sampai buru buru menanam gogo, tanpa memperhatikan kondisi sawah. Hal ini kerap kali terjadi pada musim tanam sebelumnya, kala itu petani beramai ramai menanam padi gogo saat ada hujan dua kali.

Hanya sekitar 10 hari tanaman mati layu, karena setelah itu tak ada hujan lagi dalam jeda waktu yang cukup lama. Akibatnya petani harus menanggung kerugian ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kepala Dinas Pertanian Dan Peternakan Sutomo memprediksi intensitas curah hujan akan terus bertambah pada akhir bulan November ini.

Pihaknya kemudian akan memfokuskan penyediaan pupuk bagi para petani, agar penyalurannya bisa lebih baik dibandingkan pada musim tanam sebelumnya.

sumber : http://r2b.myadgame.com

Share:

0 komentar:

Post a Comment