Informasi Seputar Desa Mlagen

Monday, October 19, 2009

BERKAH DIBALIK HAUL SUNAN BONANG

Supiyah salah satu pedagang buah berjualan di tikungan jalur pantura Bonang Lasem, hari Senin.

Lasem – Belasan pedagang sudah berdatangan dan berjejer rapi di pinggiran jalur pantura desa Bonang kecamatan Lasem pada hari Senin untuk beradu keberuntungan dalam kegiatan Haul Sunan Bonang yang diperkirakan puncaknya akan berlangsung pada Selasa petang (20 Oktober 2009).

Pedagang pedagang ini datang dari berbagai daerah. Salah satunya adalah pedagang buah dari Juana Pati, Supiyah. Dia mengaku habis kulakan buah senilai hampir Rp 3 juta. Supiyah berharap Haul Sunan Bonang tahun ini jauh lebih ramai dibandingkan tahun lalu. Setidaknya jika dagangan buahnya habis, bisa meraup keuntungan bersih Rp 1 juta.

Selain pedagang buah, penjual jenang juga termasuk yang paling diburu, karena jenang seakan akan sudah menjadi oleh oleh wajib setiap ada kegiatan Haul. Hanya saja pada hari Senin belum tampak penjual jenang yang sudah membuka barang barang dagangannya.

Sementara itu salah satu tokoh warga desa Bonang kecamatan Lasem Asmuri mengatakan Haul Sunan Bonang merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Agenda utamanya berlangsung mulai pukul 16.00 Selasa sore berupa kegiatan tahlil yang dilakukan oleh ribuan santri dari sejumlah daerah. Bahkan biasanya tahlil baru akan selesai hingga lewat tengah malam.

Dari tahlil ini pengunjung berharap mendapatkan berkah dan terhindar dari berbagai mara bahaya, sekaligus untuk mendoakan arwah Sunan Bonang yang telah berjasa menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, terutama di kawasan pesisir Bonang.

Kepadatan pengunjung Haul Sunan Bonang sudah diantisipasi oleh Satuan Lalu Lintas Polres Rembang dan Polsek Lasem. Puluhan orang anggota Polisi akan disiagakan di jalur pantura Bonang untuk mengatur arus lalu lintas supaya jangan sampai macet total.


sumber : http://r2b.myadgame.com/

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive